Membuat Sitemap untuk wordpress

Apakah Sitemap itu?
sitemap adalah kata lain dari Peta Situs,a tau sebuah peta dan bentuk navigasi pada blog yang bertujuan untuk mempermudahkan pengunjung dalam melihat isi dari suatu web/blog. Bisa juga dikatakan bahwa sitemap itu adalah daftar isi pada blog/website. Atau kata lainnya adalah Peta Situs.


Coba anda bayangkan, jika suatu daerah atau wilayah ada petanya, maka akan memudahkan seseorang menemukan tempat tersebut. Seperti halnya suatu wilayah, sebuah situs juga memerlukan peta untuk memudahkan situs tersebut terindex oleh Search Engine.

Keuntungan Sitemap
Seperti kata paranormal blogger yang biasa disebut mbah Gendeng, “Keuntungan Mengenal Sedulur Papat Lima Pancer, dapat menambah aura dari diri kita”. Begitu juga dengan sitemap, pasti punya keuntungan juga bagi kita, Diantaranya;

  1. Dapat menjadi langkah dalam memudahkan SEO (Search Engine Optimmization) pada blog kita
  2. Mempermudah pengunjung dalam mencari suatu artikel atau sebagai index suatu blog/website
  3. Blog/Web akan terlihat lebih rapi dan mudah menarik pengunjung

Cara Membuat Sitemap
Membuat sitemap bisa dilakukan secara manual maupun otomatis. Bagi anda yang membuat blog menggunakan aplikasi wordpress, ada plugin khusus yang bisa membuat sitemap secara otomatis, nama plugin-nya yaitu “google-sitemap-generator”. Plugin ini akan membuat kompatibel sitemap blog Anda yang didukung oleh Ask.com, Google, MSN Search dan Yahoo. Berikut step-by-step untuk membuat sitemap secara otomatis di wordpress:

  1. Download plug-in google-sitemap-generator dari sini ataupun langsung dari wordpress.org
  2. Setelah file tadi berhasil didownload, upload file tsb ke hosting memakai FTP software atau aplikasi serupa bawaan hosting (/public_html/wp-content/plugins) extract di direktori tsb.
    Atau bisa juga dari Dashboard. Login Di WP-Admin –> Plugins –> Add New –> Upload atau search dari situs WordPress.org.
  3. Masuk ke menu settings, pilih xml-sitemap untuk melakukan konfigurasi, setelah selesai, klik “update options”, diteruskan klik “Rebuilt sitemap” jika terjadi erros, maka anda harus periksa dan memastikan bahwa directori di hosting anda sudah terseting dengan chmod 777 atau 755, agar plugin tsb bisa melakukan penulisan di direktori anda. Nama file yang dibuat yaitu sitemap.xml dan sitemap.xml.gz
  4. Sitemap sudah terpasang, langkah selanjutnya anda bisa segera mendaftarkan sitemap anda ke google, untuk yang belum tahu silahkan baca artikel ini ” mendaftarkan sitemap ke google”.
  5. Selesai

Semoga cara membuat sitemap wordpress ini bermanfaat…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: